Rabu, 28 Oktober 2015

Limbah Kaleng dan Pemanfaatan Limbah

A.    PENGERTIAN LIMBAH
Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Di mana masyarakat bermukim, di sanalah berbagai jenis limbah akan dihasilkan. Ada sampah, ada air kakus (black water), dan ada air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya (grey water). 
Limbah padat lebih dikenal sebagai sampah, yang seringkali tidak dikehendaki kehadirannya karena tidak memiliki nilai ekonomis. Bila ditinjau secara kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia Senyawa organik dan Senyawa anorganik. Dengan konsentrasi dan kuantitas tertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia, sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah. Tingkat bahaya keracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah.
Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang limbah kaleng atau kaleng bekas dan pemanfaatan limbah tersebut.

B.     LIMBAH KALENG
Limbah kaleng adalah limbah yang tidak bisa diurai secara alami atau proses biologi, limbah kaleng ini termasuk limbah anorganik. Kaleng adalah lembaran baja yang disalut timah. Bagi orang awam, kaleng sering diartikan sebagai tempat penyimpanan atau wadah yang terbuat dari logam dan digunakan untuk mengemas makanan, minuman atau produk lain. Dalam pengertian ini, kaleng juga termasuk wadah yang terbuat dari aluminium dan campuran logam lainnya.
Terkadang lapisan ini dilapisi lagi oleh lapisan bukan metal yaitu untuk mencegah reaksi dengan makanan ataupun minuman di dalamnya. Kelebihan menonjol dari kemasan ini adalah bisa dilakukannya proses sterilisasi, sehingga makanan yang disimpan di dalamnya menjadi steril, tidak mudah rusak, dan awet. Dan pengertian dari baja adalah logam alloy yang komponen utamanya adalah besi (Fe), dengan karbon sebagai material pengalloy utama. Baja dengan peningkatan jumlah karbon dapat memperkeras dan memperkuat besi, tetapi juga lebih rapuh. Definisi klasik, baja adalah besi-karbon alloy dengan kadar karbon sampai 5,1 persen; ironisnya, alloy dengan kadar karbon lebih tinggi dari ini dikenal dengan besi (Fe). Definisi yang lebih baru, baja adalah alloy berdasar besi yang dapat dibentuk secara plastik. Pada kaleng, daya ketahanan timah terhadap korosi juga tidak sempurna, akan tetapi terhadap reaksi dengan makanan di dalamnya lebih lambat dibandingkan dengan baja kareng struktur pada logam tersebut.
Berkembangnya industri kemasan, kaleng merupakan salah satu wadah yang banyak dipergunakan oleh industri makanan dan minuman. Praktis, mudah dibawa, dan menarik dengan aneka lukisan atau gambar pada dinding luar kaleng. Meningkatnya penggunaan kaleng sebagai wadah makanan atau minuman memberikan masalah lingkungan yang menjadi perhatian bersama. Kaleng-kaleng tersebut menjadi salah satu bahan bahan pencemar yang mengganggu lingkungan. Sampah yang menimbulkan karat dan akan mengganggu terhadap kesuburan tanah. Sampah padat yang lama mengalami proses penguraian dalam tanah.
Dalam perkembangannya sampah kaleng menjadi bahan yang dicari para pemulung barang bekas untuk dijual ke pengepul barang bekas dan diolah kembali dalam pabrik menjadi bahan baru. Oleh beberapa pengrajin keleng bekas tersebut diolah menjadi barang berguna untuk keperluan rumah tangga; parutan kelapa, cikrak, saringan penggorengan, asbakdan sebagainya. Masih banyak yang bisa diperbuat untuk mengurangi sampah ataulimbah kaleng dilingkungan sekitar. Tentu hal ini bukan hal mudah. Sikap konsumtif yang melanda generasi saat ini dengan makanan dan minuman kaleng sebagai sebuah gaya hidup upaya menumbuhkan keasadran untuk mengolah dan memanfaatkan kembali kaleng bekas menjadi barang bergunan memiliki tantangan tersendiri.

C.    PEMANFAATAN KALENG BEKAS
Secara umum, daur ulang adalah sebuah konsep yang terkait dengan berbagai manfaat. Daur ulang dapat didefinisikan sebagai proses di mana produk baru dibuat dari bahan yang telah digunakan dan dibuang. Ada banyak bahan berbeda yang dapat didaur ulang. Ini meliputi kertas, pakaian, logam, kaca, plastik, barang-barang elektronik tertentu, dsb. Aluminium adalah salah satu logam yang dapat didaur ulang, dan sesuai statistik, kaleng aluminium adalah salah satu bahan yang paling sering didaur ulang. Dibandingkan dengan bahan daur ulang sebagian besar lainnya, keuntungan dari aluminium adalah dapat didaur ulang tanpa batas waktu, karena proses ini tidak mengubah struktur logam.
Apakah itu plastik, kertas, logam atau kain, daur ulang adalah bermanfaat dalam berbagai cara. Daur ulang aluminium bukanlah proses yang baru ditemukan dan merupakan praktek yang telah diikuti dari awal abad ke-20. Produksi aluminium baru melibatkan elektrolisis dari aluminium oksida yang diperoleh dari bijih bauksit. Bijih mentah ini disempurnakan melalui proses bayer sebelum menjalani elektrolisis. Ini adalah proses yang memerlukan penggunaan sejumlah besar energi dan karenanya relatif mahal. Aluminium adalah salah satu bahan yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ini termasuk kaleng minuman, peralatan masak, sepeda, mobil, komputer, kabel, pesawat, dsb. 
Mengapa kita perlu memanfaatkan kaleng bekas? Karena kaleng bekas merupakan salah satu limbah rumah tangga yang tidak bisa terurai. Artinya, apabila kaleng bekas tidak dimanfaatkan limbah tersebut dapat mencemari lingkungan. Pengolahan kaleng bekas menjadi kocil sangatlah mudah dan tak memakan waktu yang cukup lama.
Manfaat yang diperoleh antara lain:
1.      Konservasi sumber daya alam karena dapat mengurangi kebutuhan bahan mentah.
2.      Konservasi energi karena menggunakan energi listrik lebih sedikit daripada membuat produk bukan daur ulang.
3.      Mengurangi pencemaran. Proses produksi dari bahan bekas mengahsilkan polusi lebih sedikit dibandingkan menggunakan bahan baru. Daur ulang umumnya tidak mendatangkan banyak masalah dibandingkan dengan cara mengubur limbah (landfill) atau membakar (inciniration). Kedua kegiatan tersebut malah mengakibatkan pencemaran dan banyak organisme yang mati.
4.      Alasan ekonomi karena dapat menghemat biaya.

D.    CARA PENGOLAHAN KALENG MENJADI KOCIL
Pada bagian ini akan disajikan cara pengolahan kaleng bekas menjadi kocil. Dalam hal ini diuraikan alat dan bahan serta langkah-langkah kerja  pengolahan kaleng bekas menjadi kocil.
1.      Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan dalam pengolahan kaleng bekas menjadi kocil adalah sebagai berikut:
·         kaleng bekas
·         pisau
·         paku payung
·         hanger
·         spiritus atau alkohol
2.      Langkah Kerja
·         Carilah dua buah kaleng bekas minuman!
·         Jika kaleng ada isinya, pindahkan isi di dalamnya ke gelas yang kosong!
                
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjM3-at_JfX7vVZnkptd4eyZwm4t2MxGBmitwTafwd9cu-T2sN5AJGmcCYDXCQ_m8dU3pVtSkmo5iHCwUC_bSA3DTveIGe0WK6M18IOdQ7BYiuKWOaCJnhA4w9VSXDpOedDMC4ZAHsQ04gt/s320/jkkkk.jpg
·         Ukur kaleng dari bawah beberapa inci!
              
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj5UP-qKqixWHBM7bq-PSZaOtSbGcATrg-8vywVYRSwAIuICYZofHImuyL4jtpujBZFBqFLNpCPlx1G76kbVfcT5QfD5YQrs79NqQ4u5lcftKg-Hxde5IwSlHLVx_E_7TCAsjg27_JXyMNs/s320/uuuu.jpg

·         Potong kaleng menjadi beberapa inci dari bawah (terserah Anda mau potong berapa inci)! Jika Anda sudah menemukan berapa inci yang akan dipotong, potong dengan pisau yang tajam. Agar mudah memotongnya Anda bisa menandai dengan spidol area yang akan dipotong dan saat memotongnya topang pisaunya dengan buku agar hasil potongannya sempurna.
              
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhFhSa2dExASOXk8NHn5vClMvdujnQtBeGaByGF6ZHVcZRWHBchAXPxrsI62GPZJdRowqkIntGTtvmwW9ecQ3TjiF6ZWrjlBrc-I15QTrwpDbjLP0hVNJYR1MsZcS8d4-LxJd5DGxlsVQxm/s320/llllllllllll.jpg

·         Kaleng setelah dipotong.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiuNp5qUlzj97r1Kdiw9u7uHNJAdhgI-FhpxbGALwZvVs-T1mAd25nK0k9Nm14lUXRCR8X2EuyEJ9uQQZSwQJXqXC3QXx6lYa3AGk0-TKYjgeUatUMg0k3NGrWt6wdvOGN1m-6F73VkyTdT/s320/jhlkl.jpg
              
·         Setelah Anda puas dengan hasil pertama, sekarang buatlah miniatur yang kedua. Untuk memudahkannya, Anda bisa sisipkan miniatur pertama ke bawah kaleng kedua sampai benar-benar masuk. Cara ini dilakukan agar mendapatkan hasil miniatur kedua persis dengan miniatur pertama. Setelah selesai, lakukan cara yang sama dari langkah 2 s.d 4 tadi.
·         Lubangi bawah miniatur dengan paku payung!
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiB0C7WMtAxFTirVa6UeNSLgvWR8WPlPXLV__FUZw9zKYJfL6km-IW8G67BXiNtUFjbYMCwh6fexWmn1k1onmXXzFnrNhzfv09Nw_L2j4kClPZZeM3puaR2pZvL0oYiJzZK-cJd9CRCM-eY/s320/ghgjk.jpg          
·         Pasangkan kedua miniatur tersebut tepat pada bibir bawah masing-masing!
              
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJ-EKO0dy_EL2Lu-cnMSsAXwzzHC3MF5b7DoL0I-JJ4vaz1OBhVq1TGjKp-3H3eHMCMXrk8oDqr1CfYeVs6cYWms5atwwhZPUq-gFh6vm_FjPEwKxj2Ezg3QYuvsSO4ncg38f1mOwVkeM1/s320/hjhkll.jpg
·         Press dengan kuat agar keduanya rapat dan tidak bisa dibuka!     
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhH7p9PiX9x3EchgOZ4vg1irPupM0i3BDyMj7fYlaV2H9UOWvz1j9Twa8pgbmI8HVDe9MH9WzGrMsNg2avI_ttBX9osaXm_THC533ZtAVPirwUmim9Fcf94OT_PqCY4Jh0nEK7qBKTWxoYI/s320/fdghmd.jpg
         
·         Kocil ini perlu 10 lubang untuk memunculkan celah api dari hasil pembakaran.Sekarang buatlah 10 lubang dengan paku payung dengan formasi di atas!
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjfoDQQxY860OAkD9R9kvNDL5TihNkVd3cupjhILWaRWJFUj6BSGfsNHOxn6uvJsPW6JZY-Uhd4TFlxz7uEekgZTFqD4w40BIKW4NTtYAMD9Xyb5pPwLR5dvt4ZZPovm_GpFVONB5gASr2E/s320/dfsfg.jpg

·         Buatlah miniatur pegangan panci! Pegangan panic terbuat dari hanger. Tinggi idealnya adalah antara 1/2 inci sampai 1 inci.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjdFuM8WxVUeE1pvkRA4Cg0VE4eR_UC34zmsqfjO0MBlTzR-cqgVfRZgTOpiocGK4KEaBdR3Uexc4XZAXx9A8iTNxgILbokZGpULErAWPNbcbzXcNImDVTqI4sYC9IBCklm07e9SA1S86zs/s320/JJJJJ.jpg
Pengujian
·         Kocilnya sudah selesai dibuat. Sekarang tinggal pengujiannya!. Masukkan Alkohol pemanas ke dalam kompor, Anda bisa siramkan sebanyak 3 sendok makan.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhWc0ODdQ67N1KUyPopRDZ981ZpBySpPkE1-pSKwDLZkv4b9ObgFA-bqlVbHvJCh131QjrxbCQZ9z9Ctae6aDzmwWa15vP0qIHJaBWG0N3eZ3qOpTvfqi5Q6grNNthh11t4K6jIfOBazyba/s320/DDD.jpg

               
·         Panaskan kompor dengan korek atau pemantik api. Pemanasan hanya butuh beberapa detik saja.
        
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh0mCeboPz5BOTTFIARVM4VF_jfWe5NL6mz_BfTCnWjFzJPc0fWVLK9pX4uU0agl4OlYhWkz3dtFDhsXYY8Pk8D_w2rD4TA0S339saUtltxhgLarztCsbwcw0hQrO_2IVdsRwsg5qe8QDfc/s320/BBBBBB.jpg
·         Setelah pemanasan selesai, maka secara otomatis api akan keluar dari 10 celah lubang itu. Lihatlah dengan bahan bakar alkohol, api yang dihasilkan sangat bersih dan berwarna biru. Dan sekarang anda tinggal meletakkan Pegangan panci diatasnya!
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiK8H-jkQnfyEa8IbLmVpYyPkHGrIbkB1tcJnkqSbgo7iTshF-AZvyr1f8rKkBqZra2WM08UZ4fnovEDZ4ToiOw8EZWMF6sNVBuG_gCjNf4PC-MvljUI2eLLXfMH80AymE5vF_ccVZWRerB/s320/AAA.jpg

Keuntungan yang didapat dari kocil sangatlah banyak, apalagi bagi seorang yang senang berpetualang di alam liar, kocil sangat bermanfaat, mereka dapat memasak tanpa harus memikirkan tempat. Selain itu, kita dapat menghemat sumber daya alam karena bahan bakar yang digunakan lebih sedikit daripada bahan bakar yang biasa dilakukan. Penggunaan kocil memberikan keuntungan sebagai berikut:
1.      penghematan sumber daya alam
2.      mengurangi pencemaran
3.      penghematan lahan TPS
4.      lingkungan asri (bersih, sehat, nyaman)


Banyak manfaat yang diperoleh dari pendaur ulangan bahan bekas yang ada di sekitar kita, seperti plastik bekas, kertas bekas, kayu bekas, dan lain–lain. Daur ulang dapat meningkatkan kreativitas, mengurangi pencemaran dan sebagainya.

5 komentar:

  1. informasi nya sangat bermanfaat gan terimakasih

    BalasHapus
  2. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

    Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
    Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

    Mobile : 0813-1084-9918
    Whatsapp : 0813-1084-9918
    name : Tommy. K
    Email1 : tommy.transcal@gmail.com

    BalasHapus
  3. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial
    Hemat biaya Energi dan listrik
    Mengurangi mikroba & menghilangkan lumut


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    1.
    Coagulan, nutrisi dan bakteri
    Flokulan
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Garment wash
    Eco Loundry
    Paper Chemical
    Textile Chemical
    Degreaser & Floor Cleaner Plant

    2.
    Oli industri
    Oli Hydrolik (penggunaan untuk segala jenis Hydrolik)
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    3.
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Disinfectant
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem
    Alat-alat listrik
    Packaging
    Pallet
    CAT COLD GALVANIZE COMPOUND K 404 CG
    Almunium

    BalasHapus
  4. Dalam perkembangannya sampah kaleng menjadi bahan yang dicari para pemulung barang bekas untuk dijual ke pengepul barang bekas dan diolah kembali dalam pabrik menjadi bahan baru. Oleh beberapa pengrajin keleng bekas tersebut diolah menjadi barang berguna untuk keperluan rumah tangga; parutan kelapa, cikrak, saringan penggorengan, asbakdan sebagainya. Masih banyak yang bisa diperbuat untuk mengurangi sampah ataulimbah kaleng dilingkungan sekitar. Tentu hal ini bukan hal mudah. Sikap konsumtif yang melanda generasi saat ini dengan makanan dan minuman kaleng sebagai sebuah gaya hidup upaya menumbuhkan keasadran untuk mengolah dan memanfaatkan kembali kaleng bekas menjadi barang bergunan memiliki tantangan tersendiri.
    Jasa Penulis Artikel SEO harga kardus bekas di pengepul harga kardus bekas pengepul kardus bekas terdekat

    BalasHapus
  5. Pada metode trench sanitariy landfill , suatu paritan dibuat diatas permukaan tanah dan limbah padat ditempatkan di dalamnya. Limbah padat diratakan menjadi lapisan-lapisan tipis , kemudian dipadatkan dan ditutup dengan tanah yang berasal dari hasil galian. Metode trench sanitary landfill lebih baik dibandingkan dengan metode area sanitary landfill, terlebih-lebih bila permukaan air tanah berada jauh dari permukaan tanah. Jasa Penulis Artikel SEO harga kardus bekas di pengepul harga jual kardus bekas ke pabrik pabrik daur ulang kardus bekas
    Jasa Penulis Artikel SEO jasa percetakan sampul raport K13 percetakan lamongan pengepul kardus bekas terdekat

    BalasHapus